Sertifikasi penyuluh pertanian di 2010


Departemen Pertanian merencanakan mulai tahun 2010 akan melakukan sertifikasi terhadap tenaga penyuluh pertanian. Dengan sertifikasi ini maka penyuluh yang tadinya tenaga fungsional, nantinya akan menjadi tenaga profesi.

Pengalihan ini dirasakan penting mengingat tuntutan terhadap penyuluh pertanian telah berubah. Telah terjadi perubahan perubahan dalam dunia pertanian.

Pembangunan pertanian kini dilaksanakan dengan pembangunan sistem dan usaha agribisnis yang menuntut konsekwensi lebih tajam dari penyuluhan pertanian untuk melihat saling ketergantungan antara pelaku usahatani (hulu, on-farm, hilir dan penyedia jasa). Di samping keseimbangan antara materi penyuluhan aspek budidaya dengan materi yang menyangkut aspek ekonomi usaha dan organisasi ekonomi petani.

Kalau selama ini penyuluh pertanian dikesankan sebagai ”ndeso”, maka sebagai dampak globalisasi, liberalisasi, perdagangan maka penyuluh pertanian harus mampu meningkatkan kemampuan petani agar mengelola usahataninya dengan efisien sehingga mampu meraih peluang ekonomi pertanian seperti peluang pasar, peluang usaha, peluang kerja baik di pasar domestik, regional dan global.

Perubahan bukan hanya dari aspek teknologi/agronomi tetapi juga dari segi manajemen pemerintahan dan pembangunan dari sentralistik menjadi desentralistik. Konsekwensinya adalah penyerahan wewenang manajemen dan penyelenggaraan penyuluhan pertanian dari pusat ke daerah. Oleh karena itu penyuluh harus mempunyai kemampuan menjadi perantara dan akses kepada pelaku pembangunan lainnya seperti Pemda, Bank, Swasta, Pengusaha/pelaku bisnis pertanian.

Namun untuk menggapai upaya yang mulia ini, mungkin akan ditemukan berbagai masalah yang sekaligus mulai dapat dipikirkan solusinya. Antara lain :

Pertama, Untuk tahap awal dari 28.900 penyuluh pertanian baru sebanyak 3.000 orang yang akan menjalani uji sertifikasi. Ini artinya, kalau pelaksanaannya linear diperlukan waktu selama 10 tahun agar semua selesai disertifikasi. Mungkin terlalu lama, oleh karena itu diperlukan terobosan-terobosan agar dapat dilakukan lebih cepat. Kalaupun karena satu dan lain hal tidak dimungkinkan, maka perlu ada kriteria yang jelas (pangkat/masa kerja), sehingga seseorang dapat dipastikan kapan akan menjalani uji sertifikasi. Untuk mencegah adanya ambisi atau keinginan maka pilihan terhadap peserta ini, biarlah ditetapkan oleh Pusat, bukan usulan dari bawah..!

About these ads

14 Tanggapan to “Sertifikasi penyuluh pertanian di 2010”

  1. Alim Abdya Says:

    Sertifikasi Penyuluh merupakan keniscayaan zaman, mengingat peran Penyuluh sebagai Guru bagi para petani dan keluarganya. Jadi tidak jauh berbeda dengan guru bagi anak didik sekolah. Namun dalam sertifikasi Penyuluh harus mengacu pada azas proporsionalitas, profesional, dan integritas serta jauh dari unsur KKN. Apalagi pada tahap I hanya 3.000 Penyuluh yang disertifikasi, ini bisa mengundang berbagai pertanyaan bagaimana kriteria yang digunakan, apakah Penyuluh di daerah punya kesempatan yang sama? Saya berharap, sesuai berita di atas, harus ada solusi yang konpreshensif agar seluruh Penyuluh punya kesempatan yang sama baik dari segi waktu, dan kesempatan yang sama untuk mendapat predikat “Profesional”! S e m o g a……….

  2. Excellent web pages in sesidorna web directory.

    http://www.sesidorna.com

    http://www.sesidorna.com – sesidorna

  3. kunti Says:

    Kalau Ide “Sertifikasi Penyuluh Pertanian” hanya berangkat dari suksesnya Sertifikasi Guru, dan pakai tahapan pula “Tahap I hanya untuk 3000 penyuluh” maka lengkaplah penderitaan penyuluh yg tidak akan pernah tersertifikasi (sampai pensiun)… kenapa demikian ? Penyuluhan Pertanian sampai saat ini sebenarnya masih memprihatinkan.. berganti pejabat berganti pula kebijakannya… Penyuluh sekarang bukan lagi satu kesatuan Korps, yg merasa senasib sepenanggungan, yg pusat mengatur/membimbing propinsi, yg propinsi membimbing kabupaten, yg harus membawa Inovasi teknologi dari lembaga penelitian sampai ke Petani… yang ada sekarang ? Kegiatan penyuluhan didesapun saat ini banyak dikelola oleh lembaga penyuluhan tingkat Pusat/ Propinsi Featuring Perguruan Tinggi… dengan dalih “PILOT PROJEK” dan penyuluh Kabupaten atau desa setempat cuma diundang untuk hadir atau sekedar persyaratan administrasi…well…welcome Sertifikasi.. So ??? Penyuluh Pertanian Kabupaten, Kecamatan dan Desa,Insya Allah..

  4. aca s Says:

    gue harep dipilih ya senioritas dulu di tentukan oleh Pusat dan yang punya kredibelitas dan kapasitas yang tinggi, kasihan lhoo udeh dekat pensiun.

  5. pampang langi sst Says:

    kami berharaf kepada deptan supaya di utamakan penyuluh yang betul-betul kerja di lapangan, dan juga para thl-tbpp yang di percayakan oleh deptan untuk mengawal progaram pemerintah yang ada di pedesaan, dan kalau ini bisa terjadi maka kinerja akan lebih meningkat lagi.

  6. What’s up I just registered only want to say hi to all the members here. Desire to meet a small number new good friends here.

  7. Semoga angin sertifikasi ini bisa bertiup sampai ke pelosok agar penyuluh yang berada di udik bisa merasakan nikmatnya pendapatan yang lebih baik agar semangat pembinaanpun bisa berjalan sesuai dengan harapan

  8. Kami penyuluh yg berada dipelosok tanah air ini cuman bisa berharap, semoga para pejabat pusat bs lbh bijaksana hal ini, krn kami dah tdk bisa berharap darh pemerintah daerah

  9. greetings . i learned a lot here. forex ea .

  10. maruf bppbelo Says:

    maka berbahagialah bagi rekan2 penyuluh yg skrg mgikuti diklat pebkln smg sukses bwt kalian dalam rangka sertifiksi, tapi sy berharp kinerja anda akn lbh baik krn ini akan diprtanggungjwbkan

  11. kami penyuluh yang mau pensiun agar diutamakan sertifikasi sehingga bisa merasakan apa itu sertifikasi. mudah2an bapak yang membuat kebijakan dapat tergugah hatinya.sebaimnya yang ikut sertifikasi lebih awal adalah penyuluh yang berumur diatas 50 thn mengingat penyuluh yang sudah banyak mau pensiun.

  12. Mohon maaf Boss, Sertifikasi Penyuluh 2011 dan seterusnya kapan akan dilakukan?, apa saja syarat2nya mohon informasi yang jelas mengingat kami di daerah kecil sangat sulit mendapatkan info yang cepat. Terima kasih atas pencerahannya. Salam DAMAI Selalu dari PPL di daerah.

  13. semoga sertifikasi benar benar menjadi pemicu peningkatan kinerja
    penyuluh

  14. Admiring the hard work you put into your blog and detailed information you provide.
    It’s good to come across a blog every once in a while that isn’t the
    same old rehashed information. Excellent read! I’ve saved your site and I’m including your RSS feeds
    to my Google account.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: