Preview Lazio VS Sampdoria


Lazio vs Sampdoria
Kick Off 18 Oktober 2009 20.00 WIB
lazio-sampdoria
Roma – Hari Minggu ini, Lazio akan melakoni laga ke-8 mereka di Serie-A 2009/2010. Lawan Lazio kali ini adalah pemuncak klasemen sementara, yakni Sampdoria.

Strategi
Dalam pertandingan yang akan berlangsung di Olimpico ini, pelatih Lazio, Davide Ballardini sepertinya akan kembali menurunkan formasi 4-4-2 yang dipakai oleh Lazio pada dua laga terakhir mereka yakni saat melawan Levski Sofia, dan Fiorentina dua minggu yang lalu.
Namun…
formasi 4-3-1-2 yang lebih sering diturunkan Ballardini di beberapa partai yang dimainkan Lazio musim ini, mungkin akan juga di pakai Balla. Hal itu sudah terlihat dalam latihan pada hari Sabtu (17/10), di Formello. Balla mencoba menghidupkan kembali pola yang membawa Lazio meraih dua kemenangan secara beruntun di awal musim ini. Seperti biasa, dalam formasi ini, gelandang Lazio, Francelino Matuzalem akan bermain di belakang duet yang kali ini akan diisi oleh Zarate dan Rocchi. Sedangkan striker Lazio asal Argentina yang baru saja sembuh dari cedera, Julio Cruz mungkin akan dimainkan pada babak kedua. Di belakang Matuzalem, Balla akan menurunkan trio Mauri, Baronio, dan eks gelandang Milan, Christian Brocchi yang juga baru kembali dari cedera yang dialami selama satu setengah bulan. Nama Pasquale Foggia sepertinya juga akan memulai pertandingan dari bangku cadangan.
Pada lini pertahanan, Lazio kehilangan bek kirinya, Del Nero yang cedera saat latihan minggu lalu. Namun kekhawatiran itu tidak terjadi, karena Kolarov sudah dapat tampil setelah mengakhiri masa skorsing larangan tampil sebanyak dua pertandingan di liga. Duet Siviglia dan Diakite akan mengisi posisi center back di depan sang kiper Fernando Muslera. Sedangkan itu, Stephan Lichtsteiner tetap menjadi pilihan utama di kanan.
Dalam laga ini, lawan Biancocelesti, Sampdoria akan menurunkan formasi andalannya, yakni 4-4-1-1. Sang pelatih, Luigi Del Neri akan memasang Cassano di belakang striker tunggal, Pazzini. Lazio juga harus berhati-hati dengan keberadaan anggota timnas Italia, Cristian Palombo di lini tengah Il Samp. Pada pertahanan, tembok mereka, Castelazzi akan mengawal mistar gawang.

News
Pelatih Lazio mengisyaratkan kemenangan dalam laga penting ini. Meskipun melawan tim yang sedang memimpin Serie-A, anak-anak asuhnya diharapkan dapat menjaga konsistensi, demi hasil positif yang dapat mendongkrak posisi Lazio yang berada di papan tengah klasemen.
Ballardini percaya bahwa kecepatan dan ancaman menyerang pihak Luigi Del Neri akan sulit untuk dibendung.
“Tim Del Neri merupakan tim yang sulit untuk dikejutkan,” kata Ballardini kepada Datasport.
“Mereka itu tidak pernah membiarkan ruang terbuka dan jika Anda tidak segera mengantisipasinya dengan baik maka mereka bisa menghukum Anda.”
“Untuk itu kami harusnya bisa memperlihatkan organisasi permainan yang baik melawan mereka.”
Dalam kesempatan itu, Ballardini mengakui kalau konsentrasinya sat ini agak terbelah. Soalnya, setelah menghadapi Sampdoria, Lazio akan melakoni laga di pentas Liga Europa melawan Villarreal (22/10).
“Yang pasti, Sampdoria mempunyai keuntungan terhadap persiapan untuk pertandingan liga ini tanpa harus diganggu dengan komitmen mereka di Eropa. Sementara kami harus bermain dua kali yakni di Serie-A dan kemudian di Europa League.”
“Namun demikian, kami tetap bahagia dengan yang sudah dilakukan sejauh ini. Kami ingin terus bertahan di Europa League, tapi juga kami harus menekankan untuk menjaga fisik dan mental lebih baik lagi.”
Di tengah keinginan Ballardini menganjurkan sikap fokus pada timnya, pelatih Sampdoria, Luigi De Neri menegaskan kalau timnya tidak akan menjalani partai balas dendam di laga ini. Pasalnya, musim lalu Sampdoria dikalahkan Lazio di final Coppa Italia.
“Kami akan ke lapangan tanpa keinginan untuk membalas dendam,” ungkap Del Neri pada ANSA.
“Kami menyadari kalau kami sedang di puncak klasemen liga. Terlepas dari kenyataan kami kehilangan Franco Semioli dan Daniele Gastaldello, kami telah menunjukkan kemampuan untuk mengubah hal-hal sedikit demi sedikit, dan kami akan dibawa ke lapangan seperti yang ditentukan seperti biasa.”
Kemenangan atas Lazio akan membuat Blucerchiati tetap aman di atas klasemen.
Sampdoria memang terus mengalami kemajuan sejak dimulainya kompetisi musim ini. Namun melihat hasil seri dengan Parma di laga terakhir dua pekan lalu sebelum istirahat Internasional, membuat mereka kehilangan kesempatan menjauh dari Inter yang saat ini juga memiliki 16 poin di puncak klasemen, banyak yang bertanya sampai kapan mereka akan terus memegang kendali liga?

Players on fire
Namun yang menjadi sorotan di laga ini adalah duel antara dua striker dari kedua kubu. Di pihak Lazio ada Mauro Zarate, sedangkan Il Samp memiliki Antonio Cassano. Pertemuan dua striker yang hanya menjadi penonton saat negaranya bertarung di kualifikasi Piala Dunia. Ya, Zarate secara sistematis diabaikan oleh Maradona dan Cassano tidak pernah diperhitungkan oleh Lippi. Ambisi yang dimiliki kedua pemain akan tertuang di pertandingan ini.

Mauro Zarate (Lazio)
Zarate berkeinginan mencetak gol lagi ke gawang Sampdoria. Pemain yang ingin terus berbaju ‘Biru Langit’ meskipun kontrak lima tahunnya berakhir ini, pernah dua kali menjaringkan bola ke gawang Il Samp musim lalu. Salah satunya dilakukan pada final Coppa Italia 2009. Saat itu, Zarate mencetak gol hebat dari luar kotak penalti ke gawang Sampdoria yang dikawal Castelazzi.

Antonio Cassano (Sampdoria)
Sedangkan itu, di pihak Sampdoria, Antonio Cassano mengungkapkan keinginannya mencetak gol di laga ini, atau setidaknya membawa timnya menang melalui kontribusinya. Pemain yang berharap dapat memakai jersey Azzurri di Piala Dunia tahun depan ini, ingin melupakan kegagalannya mengeksekusi penalti di final Coppa Italia musim lalu, yang disebut-sebut sebagai biang kekalahan Sampdoria atas Lazio. Lazio saat itu menang melalui adu penalti dengan skor 7-6 setelah berbagi angka 1-1 di 120 menit pertandingan.

5 partai terakhir
Lazio
Oktober 4 v Fiorentina (A) – 0-0 (Serie A)
Oktober 1 v Levski Sofia (A) – 4-0 (Europa League)
September 27 v Palermo (H) – 1-1 (Serie A)
September 23 v Parma (H) – 1-2 (Serie A)
September 20 v Catania (A) – 1-1 (Serie A)

Sampdoria
Oktober 4 v Parma (A) – 1-1 (Serie A)
September 26 v Inter (H) – 1-0 (Serie A)
September 23 v Fiorentina (A) – 0-2 (Serie A)
September 20 v Siena (H) – 4-1 (Serie A)
September 13 v Atalanta (A) – 1-0 (Serie A)

Prakiraan formasi
Lazio (4-3-1-2): 86 Muslera; 2 Lichsteiner, 87 Diakitè, 13 Siviglia, 11 Kolarov; 32 Brocchi, 33 Baronio, 5 Mauri, 8 Matuzalem; 9 Rocchi, 10 Zarate.
Cad: 1 Bizzarri, 25 Cribari, 26 Radu, 6 Dabo, 7 Eliseu, 17 Foggia, 74 Cruz
Pelatih: Ballardini
Absen: Del Nero, Makinwa, Scaloni, Meghni.
Skorsing: –
Diperingatkan: Matuzalem

Sampdoria (4-4-1-1): 1 Castelazzi; 23 Stankevicius, 6 Lucchini, 13 Rossi, 8 Zauri; 20 Padalino, 17 Palombo, 16 Poli, 7 Mannini; 99 Cassano; 10 Pazzini.
Cad: 21 Guardalben, 22 Cacciatore, 5 Accardi, 19 Franceschini, 3 Ziegler, 11 Bellucci, 9 Pozzi
Pelatih: Del Neri
Absen: Regini, Semioli, Tissone, Fiorillo.
Skorsing: Gastaldello
Diperingatkan: Cassano

Wasit: Orsato di Schio
Stadion: Olimpico, Roma (82.000)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: