Menuju derby


Zarate ingin Kembali mencetak gol di derby nanti, ingin memberikan kemenangan kepada tifosi Biancoceleste. Satu hal lagi yang makin menambah ambisinya mencetak gol di derby nanti, yakni kembali membungkam mulut si Totti cengeng.

Musim lalu Zarate sukses membungkam mulut besar Totti, Totti berucap kepada Corrieredellosport pada tanggal 11 desember 2008 bahwa Zarate bukanlah apa-apa dan bukanlah seorang juara, ucapan yang sebenarnya keluar dari seorang yang mendapat gelar pecundang derby karena statistik penampilannya di derby. Jelas ucapan tersebut membuat panas telinga kubu Lazio. Namun Zarate tidak membalas ucapan tersebut dengan kata-kata ia membalas Totti lewat gol indah di derby, salah satu gol dari 4 gol yang bersarang di gawang Doni. Setelah itu barulah Zarate kembali bertanya “jadi saya bukanlah juara..?”

Setelah pertandingan tersebut Totti kembali ditanya “Apa kamu merubah pikiranmu tentang Zarate?” Totti berucap “ia adalah pemain bagus yang bisa membuat perubahan, namun masih harus berkembang”


Seluruh keluarga Zarate akan hadir di Olimpico saat derby nanti, dan Zarate menginginkan mencetak gol, ia juga berharap kemenangan karena jelas akan menambah moral tim.


  • Bagi pelatih Ass Rioma Claudio ranieri, Ini adalah derby ibukota pertamanya meski ia telah lama menjadi seorang pelatih.
  • Totti adalah pemegang rekor terburuk dalam penampilan di derby, total 12 kali ia merasakan kekalahan dan ia mendapat tropi pecundang dengan bentuk seekor binatang tapir.
  • Pada tahun 1979, Seorang fan Lazio bernama Vincenzo Paparelli tewas ketika partai derby dilangsungkan, peristiwa tersebut menjadi peristiwa menyedihkan di Derby Capitalonia.
  • Roberto Mancini sewaktu masih sebagai pemain Lazio memenangi empat partai derby kota Roma secara berturut-turut, namun saat bertindak sebagai pelatih Lazio ia empat kali kalah dalam melakoni partai derby.
  • Vincenzo Montella akan menyaksikan derby Della Capitale pertamanya setelah ia gantung sepatu
  • Marco Motta bek muda ass Rioma, mengikuti jejak seniornya si Pangeran Cengeng dengan mengatakan Zarate bukanlah seorang juara, ia mengatakan akan menghentikan Zarate di derby nanti.
  • Tommaso Rocchi menjadi pemain yang paling banyak mencetak gol di derby yang masih membela Lazio dengan empat gol.
  • Meski derby antara Lazio dan Rioma tercatat pertama kali adalah musim 1929/1930 namun sesungguhnya derby antara klub ibukota italia pertama kali digelar adalah pada tanggal 16 mei 1902, antara tim Virtus dan Lazio yang dimenangi Virtus dengan skor 3-0.
  • Pertama kalinya derby della capitale di langsungkan di stadion Olimpico adalah pada tanggal 29 November 1953 yang berakhir imbang 1-1
  • Kemenangan terbesar dipetik Ass Rioma dari Lazio namun itu terjadi pada musim 1933/34 dengan skor 5-0, sebaliknya Lazio mengukir kemenangan terbesar dengan skor 3-0 pada musim 2006/07.
  • Lazio mengukir rekor 4 kali kemenangan beruntun pada musim 1997/98, kemenangan tersebut didapat di dua ajang seri-a dan dua di coppa italia.

Meski boleh dibilang Ass Rioma dalam keadaan yang jauh lebih baik dari pada Lazio, namun hasil dari derby della capitale takkan pernah bisa ditebak, seperti kata Roberto Mancini didalam derby tak ada yang tahu akan hasilnya.
Seperti halnya musim lalu dimana derby terakhir di musim lalu saat pasukan biru langit dianggap underdog dan bakal menjadi bulan-bulanan serigala buduk, namun apa yang terjadi?
Sekumpulan serigala-serigala itu habis diterjang terkaman para elang-elang Lazio. Ass rioma tkluk 4-2

Derby memiliki arti lain dari pada yang lain, partai ini bukan sekedar pertandingan seri-a biasa, partai ini sarat gengsi dan emosi, hampir disetiap laga derby selalu ada gesekan-gesekan yang membuat tensi menjadi tinggi, bahkan kadang menjadi ajang adu otot.
Bukti paling sahih adalah dua kartu merah yang keluar dari kantong wasit saat Lazio membantai ass Rioma dengan skor 4-2 dimana Matuzalem dari pihak Lazio dan Panucci dari pihak Rioma dikartu merahkan akibat bertikai.
Roma mungkin diunggulkan, semoga saja hal ini membuat para pemain Lazio bisa bermain lepas dan memberikan kejutan di derby nanti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: