Copa Itali:fiorentina VS Lazio


Misi Lazio mempertahankan gelar harus melewati jalan terjal di Firenze.
Firenze – Lazio akan kembali melanjutkan petualangan mereka dalam ajang Coppa Italia 2009/2010. Setelah pertengahan pekan lalu sukses menyingkirkan Palermo di babak perdelapanfinal, Gli Aquilotti mendapatkan rintangan berat di babak perempatfinal di mana harus bertemu salah satu tim Italia yang masih bertahan di Champions League musim ini, Fiorentina. Juara Coppa Italia musim lalu ini bahkan harus bermain di kandang La Viola dalam misi untuk mempertahankan gelar bergengsi nomor dua di Italia ini.

Lazio yang mengawali tahun 2010 dengan baik, harus kehilangan sedikit kepercayaan diri usai mengalami kekalahan atas Atalanta dalam lanjutan Serie A akhir pekan lalu. Namun semangat untuk mempertahankan gelar seharusnya bisa ditingkatkan lagi dengan melupakan kekalahan itu.

Akan tetapi bermain di Firenze nanti, Lazio harus menerima kenyataan dengan tidak bisa menyertakan striker baru mereka Sergio Floccari yang harus beristirahat selama sebulan ke depan karena cedera. Padahal, Lazio saat ini selalu bertumpu pada dirinya dalam urusan mencetak gol.

Namun tidak adanya Floccari telah tertutup usai kepulihan yang didapatkan gelandang serang Pasquale Foggia. Sang partenopeo diharapkan dapat menggantikan posisi Zarate yang bergeser untuk berduet dengan Tommaso Rocchi di lini depan dalam formasi 3-4-1-2. Di posisi tersebut, Ballardini dapat memilih antara memainkan Stefano Mauri atau Foggia.

Selain Floccari, Lazio juga tidak dapat membawa Roberto Baronio untuk bergabung bersama tim. Pasalnya sang gelandang dipaksa beristirahat selama beberapa hari karena cedera lutut yang didapat saat Lazio dikalahkan Atalanta.

Melihat hal tersebut, Ballardini memutuskan akan menurunkan Ousmane Dabo sebagai starter untuk mengisi posisi Baronio. Ini dilakukan menyusul belum pulihnya Francelino Matuzalem dari cedera.

Selain Dabo, lini tengah juga akan diisi oleh Aleksandar Kolarov. Bek asal Serbia yang kini menempati posisi gelandang sayap kiri di tim utama merasa lebih bugar ketimbang beberapa pemain Lazio lainnya. Ia dapat beristirahat dalam laga akhir pekan lalu karena akumulasi kartu kuning. Kekuatannya tentu sangat dibutuhkan. Terlebih, Kolarov sangat baik di posisi barunya. Ia telah mencetak dua dari total tiga golnya di semua kompetisi yang Lazio ikuti musim ini selama bermain di posisi itu.

Di kanan, Ballardini akan memberi kesempatan pada Simone Del Nero dan mengistirahatkan Stephan Lichtsteiner. Christian Brocchi akan menemani Dabo di posisi gelandang bertahan.

Berbeda halnya dengan tim tamu, tuan rumah Fiorentina sedikit lebih baik dalam komposisi pemain. Mereka hanya harus menyisihkan Zanetti, Gamberini, Jorgensen, dan Jovetic karena cedera. Selebihnya, Prandelli dapat memainkan pilar-pilar utamanya.

Meskipun begitu, Prandelli sepertinya lebih memilih untuk memainkan pemain pelapis dalam starting line-up XI di laga ini. Ini disebabkan karena fokus utama mereka berada di liga. Dan kesempatan bermain sebagai tuan rumah agak menguntungkan mereka.

Sebut saja di posisi kiper, La Viola akan menurunkan pelapis Sebastien Frey, yakni Vlada Avramov. Gelandang Marco Marchionni akan digantikan Mario Santana. Pada bek kanan, Gianluca Comotto akan memberikan kesempatan bermain kepada eks Lazio, Lorenzo De Silvestri.

Fiorentina tak sepenuhnya menyimpan tenaga utamanya, Prandelli sepertinya bakal tetap memainkan Juan Vargas, Adrian Mutu yang akan bersama Mario Santana bermain di belakang striker tunggal Alberto Gilardino dalam pola 4-2-3-1.

Kondisi Fiorentina juga sedang menurun usai mengalami kekalahan atas Bologna akhir pekan lalu di depan publik sendiri. Hal ini lah yang membuat striker Alberto Gilardino memotivasi rekan-rekannya untuk dapat melewati hadangan Lazio dan melaju ke babak semifinal. Menurut Gila, Lazio bukan tim sembarangan dan tak boleh diremehkan. Ia juga mengatakan kalau dirinya ingin meraih gelar pertama bersama Fiorentina. Maka dari itu, baginya Coppa Italia juga merupakan target tim berbaju ungu ini.

Prakiraan formasi:
Fiorentina (4-2-3-1)
35 Avramov; 29 De Silvestri, 14 Natali, 16 Felipe, 23 Pasqual; 4 Donadel, 18 Montolivo; 24 Santana, 10 Mutu, 6 Vargas; 11 Gilardino.
Cad: 1 Frey, 25 Comotto, 2 Kroldrup, 32 Marchionni, 19 Gobbi, Babacar, Carraro
Pelatih: Prandelli

Lazio (3-4-1-2)
86 Muslera; 87 Diakitè, 28 Stendardo, 26 Radu; 32 Brocchi, 6 Dabo, 11 Kolarov, 81 Del Nero; 5 Mauri; 9 Rocchi, 10 Zarate.
Cad: 88 Berni, 3 Scaloni, 4 Firmani, 2 Lichtsteiner, 13 Siviglia, 17 Foggia, 21 Inzaghi
Pelatih: Ballardini

Wasit: Domenico Celi di Campobasso
Stadion: Artemio Franchi (47,300)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: