Derby della capitale


“The Derby della Capitale is “much more than just a game”. The derby has been historically marked by massive crowds, excitement, violence and – recently – racist banners in the crowd.”

Derby della Capitale yang artinya derby ibukota, yang juga dikenal sebagai il Derby Capitolino dan Derby del Cupolone atau Derby kota Roma adalah sebuah derby terpanas di Italia antara dua buah klub sepakbola terbesar di kota Roma. Adalah SS Lazio dan AS Roma yang memiliki para pendukung fanatik hingga menjadikan derby ini sebagai sebuah pertaruhan gengsi dengan ciri khas tngkat keramaian, kehebohan, kerusuhan yang sangat tinggi.

Derby della Capitale di Stadion Olimpico, Roma ini terbagi menjadi 2 kubu yang mendukung masing-masing klub SS Lazio dan AS Roma. Ultras Lazio menempati Tribun Utara atau dikenal sebagai Curva Nord, sedangkan ultras Roma di Tribun Selatan (Curva Sud).

Rivalitas kedua ultras Lazio dan Roma ini memiliki sejarah cukup kelam, dimana dala derby ini pernah terjadi sebuah insiden yang telah memakan koban jiwa akibat kerusuhan ekstrim di tahun 1979. Yakni saat salah satu suporter Lazio, Vicenzo Paparelli tewas akibat lemparan petasan oleh fans Roma. Kerusuhan di tahun 2004 juga pernah terjadi hingga presiden Sepakbola Liga Italia saat itu, Adriano Galliani memberi perintah kepada wasit untuk menghentikan pertandingan yang telah berjalan setengah pertandingan.

Untuk sejarah pertemuan kedua klub tersebut, berdasarkan wikipedia total pertandingan yang telah mempertemukan kedua klub ibukota tersebut telah mencapai tota 161 pertandingan, dengan Lazio memenangkan 44 pertandingan, seri 59 pertandingan dan kalah 58 pertandingan.

berikut adalah data statistik Derby della Capitale serta beberapa catatan rekor pertemuan kedua tim tersebut. (sumber : Wikipedia)

  1. Derby pertama dilangsungkan pada tanggal 8 Desember 1929, yang berakhir 1-0 untuk kemenangan Roma, gol dicetak oleh Rudolfo Volk.
  2. Lazio memenangkan Derby pertama kali pada tanggal 23 Oktober 1932, dengan skor 2-1 oleh Demaria, Castelli (L) dan Volk (R).
  3. Tanggal 29 November 1953 adalah pertama kali Derby della Capitale dilangsungkan di Stadion Olimpico, Roma, yang berakhir dengan kedudukan seri 1-1, gol oleh Carlo Galli (R) dan Paquale Vivolo (L).
  4. Kemenangan terbesar Roma adalah di tahun 1933/1934 dengan skor 5-0, sedangkan kemenangan terbesar Lazio yaitu di tahun 2006/2007 dengan skor 3-0
  5. Lazio mencetak rekor dengan membubuhkan kemenangan beruntun terbanyak dalam satu musim penuh yakni 4 kali derby di musim 1997/1998 dengan 2 kemenangan liga (3-1 dan 2-0) serta 2 kemenangan di perempat final Coppa Italia (4-1 dan 2-1)

Rekor Pemain

  1. Fransesco Totti adalah pemain yang paling banyak melakoni Derby della Capitale, sebanyak 27 partai. Pemain Lazio yang paling banyak bermain dalam Derby della Capitale adalah Aldo Pulcinelli dan Guiseppe Wilson, yakni sebanyak 19 partai.
  2. Dino Da Costa dan Marco Delvecchio adalah pemain yang paling banyak mencetak gol pada Derby della Capitale dengan 9 gol. Sedangkan untuk pemain Lazio terbanyak adalah Silvio Piola dengan 6 gol.
  3. Vincenzo Montella mencetak rekor dengan gol terbanyak dalam satu partai derby, yakni saat mencetak 4 gol pada derby tanggal 11 Maret 2002 saat mengalahkan Lazio 5-1.
  4. Arne Selmosson adalah satu-satunya pemain yang pernah mencetak gol dalam Derby untuk SS Lazio dan AS Roma.
  5. Beberapa nama pemain yang pernah membela Lazio ataupun Roma dalam Derby della Capitale ini, yakni Fulvio Bernardini, Luigi Di Biagio, Attilio Ferraris IV, Diego Fuser, Lionello Manfredonia, Sinisa Mihajlovic, Angelo Peruzzi, Arne Selmosson, Sebastiano Siviglia dan Roberto Muzzi.

 

Angelo Peruzzi, Diego Fuser dan Sebastiano Sivigila adalah beberapa
nama yan pernah membela SS Lazio dan AS Roma dalam Derby della Capitale

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: